http://www.facebook.com/sepzt.reggae

Sabtu, 27 April 2013

JENIS FOSIL dan karakteristiknya

  1. Meganthropus Paleojavanicus
    • Memiliki tulang pipi yang tebal
    • Memiliki otot kunyah yang kuat
    • Memiliki tonjolan kening yang mencolok
    • Memiliki tonjolan belakang yang tajam
    • Tidak memiliki dagu
    • Memiliki perawakan yang tegap
    • Memakan jenis tumbuhan
  2. Pithecanthropus
    Pithecantropus Erectus
    Artinya: manusia kera yang berjalan tegak. Ditemukan oleh Eugene Dubois di Trinil pada tahun 1891. Fosil yang ditemukan berupa tulang rahang bagian atas tengkorak, geraham dan tulang kaki. Fosil ini ditemukan pada masa kala Pleistosen tengah.
    • Tinggi badan sekitar 165 – 180 cm
    • Volume otak berkisar antara 750 – 1350 cc
    • Bentuk tubuh & anggota badan tegap, tetapi tidak setegap meganthropus
    • Alat pengunyah dan alat tengkuk sangat kuat
    • Bentuk graham besar dengan rahang yang sangat kuat
    • Bentuk tonjolan kening tebal melintang di dahi dari sisi ke sisi
    • Bentuk hidung tebal
    • Bagian belakang kepala tampak menonjol menyerupai wanita berkonde
    • Muka menonjol ke depan, dahi miring ke belakang
  3. Homo Soloensis
Fosil Homo soloensis ditemukan di Ngandong, Blora, di Sangiran dan Sambung Macan, Sragen, oleh Ter Haar, Oppenoorth, dan Von Koenigswald pada tahun 1931—1933 dari lapisan Pleistosen Atas. Homo Soloensis diperkirakan hidup sekitar 900.000 sampai 300.000 tahun yang lalu. Volume otaknya mencapai 1300 cc.
Menurut Von Koenigswald makhluk ini lebih tinggi tingkatannya dibandingkan dengan Pithecanthropus Erectus. Diperkirakan makhluk ini merupakan evolusi dan Pithecanthropus Mojokertensis. Oleh sebagian ahli, Homo Soloensis digolongkan dengan Homo Neanderthalensis yang merupakan manusia purba jenis Homo Sapiens dari Asia, Eropa, dan Afrika berasal dari lapisan Pleistosen Atas.
  • Volume otaknya antara 1000 – 1200 cc
  • Tinggi badan antara 130 – 210 cm
  • Otot tengkuk mengalami penyusutan
  • Muka tidak menonjol ke depan
  • Berdiri tegak dan berjalan lebih sempurna

  4. Pithecanthropus Mojokertensis


Ciri-ciri Manusia Purba Pithecanthropus Mojokertensis antara lain adalah:

1. Memiliki badan yang tegap
2. Memiliki tinggi badan antara 165 – 180 cm
3. Memiliki tulang rahang dan geraham yang kuat
4. Memiliki bentuk kening yang menonjol
5. Tidak memiliki dagu (menyerupai tengkorak manusia)
6. Volume otak belum sempurna hanya 750cc – 1.300cc

7. Tulang atas tengkorak tebal dan berbentuk lonjong
8. Memiliki bentuk alat pengunyah dan tengkuk yang lebih kecil dari manusia homo.

5. Pithecanthropus robustus
CIRI-CIRI :
1.Tinggi badan sekitar 165 180 cm
2.Volume otak berkisar antara 750 1000 cc
3.Bentuk tubuh & anggota badan tegap
4.Alat pengunyah dan alat tengkuk kuat
5.Geraham besar dengan rahang yang kuat
6.Bentuk tonjolan kening tebal
7.Bagian belakang kepala tampak menonjol


 6. Homo Wajakensis 
Ciri-ciri Homo Wajakensis sebagai berikut :
a. Muka datar dan lebar,
b. Hidung lebar dan bagian mulutnya menonjol,
c. Dahinya agak miring dan di atas mata terdapat busur kening yang nyata,
d. Tenggorokannya sedang, agak lonjong, dan agak bersegi di tengah-tengah atap tengkoraknya dari muka ke belakang, dan
e. Mukanya lebih Mongoloid karena sangat datar dan pipinya menonjol ke samping.
  

Biografi Ernest haeckel

Ernst Haeckel (b. 1834-1919) adalah seorang Darwinis Jerman terkemuka, dari Potsdam, Prusia. Eksploitasi Nya termasuk biologi, kedokteran, filsafat dan seni. Selama karirnya, Haeckel dinamai dan diuraikan ribuan spesies baru, memetakan pohon silsilah yang menghubungkan semua bentuk kehidupan, dan puluhan diciptakan dari istilah biologi, termasuk filogeni, filum, ekologi, Anthropogeny dan Protista. Seiring dengan mempopulerkan karya Charles Darwin di Jerman, Haeckel mengembangkan teori rekapitulasi, yang menyatakan bahwa setiap paralel organisme individu atau mengembun perkembangan evolusi seluruh spesies.
Haeckel belajar ilmu kedokteran di Berlin, dan kemudian Würzburg, akhirnya mencapai gelar doktor di bidang kedokteran pada tahun 1957. Praktek medis berumur pendek, sebagai Haeckel kembali ke universitas, saat ini Universitas Jena, dalam rangka untuk mempelajari zoologi di bawah Karl Gegenbaur. Afte menyelesaikan nya doktor Haeckel menjadi profesor anatomi banding di Universitas Jena, di mana ia tetap dari tahun 1962 hingga 1909. Selama periode ini hidupnya Haeckel membuat ekspedisi yang tak terhitung jumlahnya ke Kepulauan Canary, Mediterania, khususnya, Turki, Yunani dan Mesir, dan Norwegia. Juga selama periode ini ia bertemu Charles Darwin, Thomas Huxley dan Charles Lyell.
Dalam hal filsafat, pentingnya Haeckel berada dalam monisme nya, yang panteistik. Monisme ini mengusulkan kesatuan alam organik dan fisik, termasuk fenomena sosial dan proses mental. Meskipun teori awal agak mekanistik, keasyikan kemudian dengan proses sejarah dipimpin teorinya tentang sejarah kehidupan menjadi panteisme monistik. Haeckel sangat menentang biofisika reduksionis Herman Helmholtz, dan Emil Du Bois-Reymond. Teori rudolf Virchow organisasi seluler, dan teori Johannes Muller anatomi komparatif vitalis dan fisiologi dipengaruhi Haeckel. Dia lebih dipengaruhi oleh J.W. Konsep Goethe morfologi dan Filsafat Alam dari Friedrich Schelling. Haeckel terinspirasi oleh Asal Charles Darwin Spesies (1959) untuk mengembangkan teori evolusi ilmiah dan sebagai bentuk etika materialis. Teori protoplasma dari sel, yang dikembangkan oleh Max Schultze, mendorong gagasan Haeckel bahwa 'Plasma', atau substansi sel, adalah setara dengan kehidupan pertama terbentuk. Haeckel dipimpin untuk menyimpulkan bahwa semua organisme adalah badan plasma, perbedaan mereka berada di rekening perbedaan derajat organisasi saja. Haeckel adalah tidak berarti Darwinis konvensional, sejauh ia menghubungkan teori selnya teori evolusi, dan begitu banyak seperti Haeckel menyatakan bahwa seleksi alam circumspected oleh gaya lingkungan dan sejarah.
Monisme Haeckel, pertama diartikulasikan dalam Morfologi Umum (1866), berpendapat bahwa tidak ada perbedaan mendasar antara alam organik dan anorganik, yaitu, kehidupan berbeda dari alam anorganik hanya dalam kebajikan tingkat organisasi. Haeckel juga mengusulkan bahwa zat bersatu roh dan materi - beralih ke citra 'pikiran kristal' untuk menyampaikan keterkaitan antara keduanya. Dalam karya ini Haeckel mengusulkan dua hukum dasar substansi, yaitu keteguhan energi dan material, dan hukum evolusi dari berbentuk untuk sepenuhnya terbentuk. Untuk Haeckel, semua kapasitas mental berasal dari gerakan dan sensitivitas, sementara semua moralitas bersumber dari, dan pengembangan, naluri sosial hewan.
Pada tahun 1870 Haeckel mengembangkan 'hukum biogenetis' yang direkapitulasi filogeni ontogeni, yaitu, hukum rekapitulasi bahwa setiap individu tertentu dari sebuah spesies diwujudkan seluruh evolusi spesies.
Setelah karya Herbert Spencer, Haeckel menyatakan bahwa organisme berevolusi lebih tinggi diperlukan sistem saraf terpusat. Artinya, organisme dengan derajat yang lebih besar dari organisasi atau diferensiasi yang diperlukan dan memiliki koordinasi yang terpusat dan kontrol, pentingnya yang tumbuh dalam konser dengan gelar organisme kompleksitas dan organisasi. Haeckel berpendapat bahwa hirarki seperti dalam organisme, conceptiualized di Vischow ini konsep egaliter 'negara sel, menemukan paralel yang diperlukan dalam struktur sosial, sebagaimana dibuktikan oleh perbedaan antara kerajaan dan republik.
Teori Haeckel mengenai biologi menemukan ekstensi dalam politik nya. Kristen, khususnya Katolik Roma, yang sangat dikutuk oleh Haeckel, yang menganggap itu tidak lebih dari takhayul primitif, dalam kebajikan deploration alamnya. Ia mengusulkan bahwa bukan Kristen, harus monisme yang menjadi dasar pendidikan dan kehidupan sipil. Sengketa muncul antara Haeckel dan Virchow pada account ini, sedangkan Virchow dianggap Darwinisme menjadi tapi hipotesis, Haeckel menganggap itu sebagai tidak kekurangan hukum, dan akibatnya, dipimpin menolak gagasan liberal modern kehendak bebas. Haeckel pada akhirnya terisolasi ilmiah, dalam kebajikan perselisihan dia dengan orang lain di lapangan, selama proses pembangunan dan keturunan. Pada saat yang sama dengan isolasi ilmiah popularitas publik Haeckel terus meningkat. Popularitas ini adalah karena kontribusi ide-idenya punya untuk sosiologi abad kesembilan belas, psikologi dan perkembangan awal dalam psikoanalisis. Menjelang akhir kehidupan produktif, Haeckel mendirikan Liga Monis (1909), di mana ia tetap dihadapi oposisi terhadap panteisme nya.
Kontroversial, Haeckel dianggap oleh beberapa orang untuk menjadi pelopor untuk Sosialisme Nasionalis Jerman, dari awal hingga pertengahan abad kedua puluh. Lebih khusus lagi, argumen adalah bahwa monisme Haeckel memberikan dasar ilmiah untuk Sosialisme Nasional. Haeckel ternyata sangat tertarik pada egenetika, dan merupakan anggota kehormatan dari Masyarakat Jerman untuk Hygene Rasial, dari 1905 dan seterusnya. Selain itu, Haeckel berteori antropologi didasarkan pada perkembangan prosedural dari ras primitif Eropa modern. Selain itu, Haeckel secara pribadi menyatakan anti-Semitisme pada kesempatan. Bahkan, banyak pernyataan Haeckel menggoda berbunyi dalam menganggap dengan pandangan bahwa ia adalah nenek moyang dari Sosialisme Nasional, misalnya pengumuman bahwa hukuman mati dibenarkan bagi para penjahat bisa diperbaiki, dan itu disebabkan harga yang sedikit pada lemah dan sakit. Selain itu, ia juga mengklaim bahwa eutanasia telah melayani tujuan positif bagi bakat militer Spartan ', sejauh itu membebaskan mereka dari cacat dan lumpuh bayi yang baru lahir. Namun, Haeckel dengan cepat menunjukkan bahwa penggunaan seperti euthanasia tidak punya tempat dan tidak ada peran positif dalam masyarakat modern, lebih dari manusia modern masih tunduk pada hukum survival of the fittest. Meskipun beberapa pandangan ini menunjukkan afinitas Darwinisme Sosial, sebaliknya sebenarnya terjadi, yaitu, mengingat pandangan Haeckel tentang bagaimana evolusi teori dilengkapi dan dipengaruhi oleh faktor sosial dan lingkungan, kita dapat melihat bahwa sikap Haeckel adalah bahwa Darwinisme Sosial adalah berlebihan, dan benar-benar berguna dalam masyarakat modern. Singkatnya, teori monistik nya, dengan garis singgung nya, sama sekali tidak mendirikan atau membenarkan anti-Semitisme, atau bentuk lain dari diskriminasi rasial, atau lebih buruk. Sementara antropologi Haeckel menyatakan bahwa ras primitif tunduk pada survival of the fittest, yaitu, survival of the fittest memainkan faktor sejarah, tetapi juga berpendapat bahwa ini tidak lagi terjadi di zaman modern.
Meskipun demikian, Sosialisme Nasionalis mengidolakan Haeckel atas dasar salah membaca, membaca selektif, atau membaca lengkap teori ini. Haeckel juga dihormati oleh materialis, seperti Vladmir Ilyich Lenin, dan sosialis Jerman seperti Walter Ulbricht, yang melihatnya sebagai memajukan penyebab dan argumen mereka. Meskipun ini juga merupakan distorsi sebagian pandangannya, itu bukan yang negatif, untuk menjadi nenek moyang fasisme sebagai lawan tangan komunisme, analog dengan perbedaan antara primitivisme dan peradaban tertinggi.
Terakhir, Haeckel juga dipengaruhi Sigmund Freud, gerakan hak-hak homoseksual, serta seniman yang tak terhitung jumlahnya dan penulis, sebagian besar, pengaruh ini adalah dari teori kontroversial etika evolusi.

Ernest Haeckel

Ernest Heinrich Philipp August Haeckel ( 16 Februari 1834 – 9 Agustus 1919). Ditulis juga von Heackel, merupakan ahli biologi ternama dari Jerman. Seorang  nauralis, filsuf, dokter, profesor dan seniman, yang menemukan, menjelaskan, dan menamakan ribuan spesies baru, membuat peta pohon genealogi hubungan semua makhluk hidup, dan membuat istilah biologi baru, seprti filum, filogeni, ekologi, dan kingdom Protista. Heackel menyebarkan karya Charles Darwin di Jepang, dan mengembangkan teori rekapitulsi yang kontroversi.
                Ernest Haeckel lahir pada tanggal 16 Februari di potsdam ( bagian dari rusia ). Pada 1852, Heackel menyeselesaikan studi di Katedral Sekolah Tinggi (Domgynasium) dari Mersburg. Kemudian dia belajar di Berlin dan Wurzburg, terutama dengan Albert von Kolliker, Franz Leydig, Ruldoft Virchow, dan dengan anatomi fisiologi Johannes Peter Muller ( 1801-1858 ). Pada tahun 1857, Heackel mencapai gelar doktor dalam pengobatan (MD), dan setelah itu ia menerima lisensi untuk praktik kedokteran. Heackel belajar di bawah Karl Gegenbaur di Universitas Jena selama tiga tahun, dan meraih gelar doktor dalam bidang zoologi. Antara 1859 – 1866, Heackel bekerja pada kelompok invertebrata, termasuk radiolaria, poriferans ( spon ) dan annelida ( cacing tersegmentasi ). Selama perjalanan ke Madeterania, Heackel memberinama 150 spesies baru dari radiolaria. Dari tahun 1866 – 1867, heackel membuat perjalanan di serpanjang ke pulauan Canary dengan Herman FOL dan selama periode ini, bertemu dengan Charles Darwin. Pada tahun 1866 di Down House di Kent, Thomas Huxle dan Charles Lyell. Pada tahun 1867, ia menikah dengan Agnes Huschke. Dan melahirkan putra mereka pada tahun 1868, putri mereka Elizebeth pada tahun 1871 dan Emma pada tahun 1873. Pada tahun 1869, ia berpergian sebagai seorang peneliti ke Norweiga, pada tahun 1871 ke Dalmatia, dan pada tahun 1873 ke Mesir, Turki, dan Yunani. 
            Pada tahun 1909 Heackel berhenti mengajar, dan pada 1910 ia mengundurkan diri dari gereja injil. Isteri Heackel, meninggal pada tahun 1915, dan menjadi jauh lebih lemah karena  patah kaki ( paha ) dan lengan. Pada tahun 1918  dia menjual rumah Medusa (“ Villa Medusa “) dengan Carl Zeiss. Heackel meninggal pada tanggal 9 Agustus 1919.
Pemikiran ilmiah Heackel
Sementara materialis dan utilitarianisme gemetar pergi kepercayaan tradisional di Inggris, Jerman berpikir idealis lebih jelas dan romantis selama abad kedelapan belas dan kesembilan belas. Filsuf berpengaruh Goethe, yang seperti Haeckel tinggal untuk waktu di Jena, menekankan pentingnya semangat sebagai kekuatan, kreatif mengorganisir. Morfologi Jerman, dipengaruhi baik oleh Goethe dan oleh filsafat idealis Hegel, percaya pada kesempurnaan progresif baik rencana universal penciptaan dan recapituation dari rencana itu dalam pertumbuhan embrio. Heackel dipengaruhi baik oleh tradisi idealis Jerman dan karya-karya Darwin. Setelah membaca Origin Of Spesies, Heackel menjadi salah satu pendukung lebih produktif dan gencar evolusi.
Sebuah persepsi yang sangat umum adalah bahwa seleksi alam dan evolusi adalah hal yang sama. Bahkan, Heackel adalah salah satu dari banyak pemikiran yang percaya bahwa smua spesies entitas histori (garis keturunan) tetapi tidak berbagi seantusiasme Darwin, seleksi alam sebagai mekanisme utama untuk menghasilkan keragaman biologis dunia. Heackel bukannya percaya bahwa lingkungan bertindak langsung pada organisme, menghasilkan ras baru (versi Lamarkkisme). Kelangsungan hidup ras itu tergantung pada interaksi mereka dengan lingkungan, bentuk lemah seleksi alam. Haeckel, mekanisme perubahan diperlukan bahwa pembentukan karakter baru diagnostik spesies baru terjadi melalui penambahan progresif untuk perkembangan lintasan. Sebagai contoh, metazoa paling pergi melalui suatu tahap perkembangan yang disebut gastrula - sebuah bola sel dengan infolding yang kemudian membentuk usus. Haeckel berpikir bahwa pada satu waktu organisme yang disebut "gastraea" ada yang tampak sangat mirip dengan tahap gastrula dari ontogeni. Ini metazoan leluhur hipotesis memunculkan sisa multi-hewan bersel.

Biografi Aristoteles


Aristoteles dilahirkan di kota Stagira, Macedonia, 384 SM. Ayahnya seorang ahli fisika kenamaan. Pada umur tujuh belas tahun Aristoteles pergi ke Athena belajar di Akademi Plato. Dia menetap di sana selama dua puluh tahun hingga tak lama Plato meninggal dunia. Dari ayahnya, Aristoteles mungkin memperoleh dorongan minat di bidang biologi dan “pengetahuan praktis”. Di bawah asuhan Plato dia menanamkan minat dalam hal spekulasi filosofis.
Pada tahun 342 SM Aristoteles pulang kembali ke Macedonia, menjadi guru seorang anak raja umur tiga belas tahun yang kemudian dalam sejarah terkenal dengan Alexander Yang Agung. Aristoteles mendidik si Alexander muda dalam beberapa tahun. Di tahun 335 SM, sesudah Alexander naik tahta kerajaan, Aristoteles kembali ke Athena dan di situ dibukanya sekolahnya sendiri, Lyceum. Dia berada di Athena dua belas tahun, satu masa yang berbarengan dengan karier penaklukan militer Alexander. Alexander tidak minta nasehat kepada bekas gurunya, tetapi dia berbaik hati menyediakan dana buat Aristoteles untuk melakukan penyelidikan-penyelidikan. Mungkin ini merupakan contoh pertama dalam sejarah seorang ilmuwan menerima jumlah dana besar dari pemerintah untuk maksud-maksud penyelidikan dan sekaligus merupakan yang terakhir dalam abad-abad berikutnya.
Walau begitu, pertaliannya dengan Alexander mengandung pelbagai bahaya. Aristoteles menolak secara prinsipil cara kediktatoran Alexander dan tatkala si penakluk Alexander menghukum mati sepupu Aristoteles dengan tuduhan menghianat, Alexander punya pikiran pula membunuh Aristoteles. Di satu pihak Aristoteles kelewat demokratis di mata Alexander, dia juga punya hubungan erat dengan Alexander dan dipercaya oleh orang-orang Athena. Tatkala Alexander mati tahun 323 SM golongan anti-Macedonia memegang tampuk kekuasaan di Athena dan Aristoteles pun didakwa kurang ajar kepada dewa. Aristoteles, teringat nasib yang menimpa Socrates 76 tahun sebelumnya, lari meninggalkan kota sambil berkata dia tidak akan diberi kesempatan kedua kali kepada orang-orang Athena berbuat dosa terhadap para filosof. Aristoteles meninggal di pembuangan beberapa bulan kemudian di tahun 322 SM pada umur enam puluh dua tahun.
Aristoteles dengan muridnya, AlexanderHasil murni karya Aristoteles jumlahnya mencengangkan. Empat puluh tujuh karyanya masih tetap bertahan. Daftar kuno mencatat tidak kurang dari seratus tujuh puluh buku hasil ciptaannya. Bahkan bukan sekedar banyaknya jumlah judul buku saja yang mengagumkan, melainkan luas daya jangkauan peradaban yang menjadi bahan renungannya juga tak kurang-kurang hebatnya. Kerja ilmiahnya betul-betul merupakan ensiklopedi ilmu untuk jamannya. Aristoteles menulis tentang astronomi, zoologi, embryologi, geografi, geologi, fisika, anatomi, physiologi, dan hampir tiap karyanya dikenal di masa Yunani purba. Hasil karya ilmiahnya, merupakan, sebagiannya, kumpulan ilmu pengetahuan yang diperolehnya dari para asisten yang spesial digaji untuk menghimpun data-data untuknya, sedangkan sebagian lagi merupakan hasil dari serentetan pengamatannya sendiri.
Untuk menjadi seorang ahli paling jempolan dalam tiap cabang ilmu tentu kemustahilan yang ajaib dan tak ada duplikat seseorang di masa sesudahnya. Tetapi apa yang sudah dicapai oleh Aristoteles malah lebih dari itu. Dia filosof orisinal, dia penyumbang utama dalam tiap bidang penting falsafah spekulatif, dia menulis tentang etika dan metafisika, psikologi, ekonomi, teologi, politik, retorika, keindahan, pendidikan, puisi, adat-istiadat orang terbelakang dan konstitusi Athena. Salah satu proyek penyelidikannya adalah koleksi pelbagai negeri yang digunakannya untuk studi bandingan.
Mungkin sekali, yang paling penting dari sekian banyak hasil karyanya adalah penyelidikannya tentang teori logika, dan Aristoteles dipandang selaku pendiri cabang filosofi yang penting ini. Hal ini sebetulnya berkat sifat logis dari cara berfikir Aristoteles yang memungkinkannya mampu mempersembahkan begitu banyak bidang ilmu. Dia punya bakat mengatur cara berfikir, merumuskan kaidah dan jenis-jenisnya yang kemudian jadi dasar berpikir di banyak bidang ilmu pengetahuan. Aristoteles tak pernah kejeblos ke dalam rawa-rawa mistik ataupun ekstrim. Aristoteles senantiasa bersiteguh mengutarakan pendapat-pendapat praktis. Sudah barang tentu, manusia namanya, dia juga berbuat kesalahan. Tetapi, sungguh menakjubkan sekali betapa sedikitnya kesalahan yang dia bikin dalam ensiklopedi yang begitu luas.
Pengaruh Aristoteles terhadap cara berpikir Barat di belakang hari sungguh mendalam. Di jaman dulu dan jaman pertengahan, hasil karyanya diterjemahkan ke dalam bahasa-bahasa Latin, Arab, Itali, Perancis, Ibrani, Jerman dan Inggris. Penulis-penulis Yunani yang muncul kemudian, begitu pula filosof-filosof Byzantium mempelajari karyanya dan menaruh kekaguman yang sangat. Perlu juga dicatat, buah pikirannya banyak membawa pengaruh pada filosof Islam dan berabad-abad lamanya tulisan-tulisannya mendominir cara berpikir Barat. Ibnu Rusyd (Averroes), mungkin filosof Arab yang paling terkemuka, mencoba merumuskan suatu perpaduan antara teologi Islam dengan rasionalismenya Aristoteles. Maimomides, pemikir paling terkemuka Yahudi abad tengah berhasil mencapai sintesa dengan Yudaisme. Tetapi, hasil kerja paling gemilang dari perbuatan macam itu adalah Summa Theologia-nya cendikiawan Nasrani St. Thomas Aquinas. Di luar daftar ini masih sangat banyak kaum cerdik pandai abad tengah yang terpengaruh demikian dalamnya oleh
pikiran Aristoteles.
Kekaguman orang kepada Aristoteles menjadi begitu melonjak di akhir abad tengah tatkala keadaan sudah mengarah pada penyembahan berhala. Dalam keadaan itu tulisan-tulisan Aristoteles lebih merupakan semacam bungkus intelek yang jitu tempat mempertanyakan problem lebih lanjut daripada semacam lampu penerang jalan. Aristoteles yang gemar meneliti dan memikirkan ihwal dirinya tak salah lagi kurang sepakat dengan sanjungan membabi buta dari generasi berikutnya terhadap tulisan-tulisannya.
Beberapa ide Aristoteles kelihatan reaksioner diukur dengan kacamata sekarang. Misalnya, dia mendukung perbudakan karena dianggapnya sejalan dengan garis hukum alam. Dan dia percaya kerendahan martabat wanita ketimbang laki-laki. Kedua ide ini-tentu saja –mencerminkan pandangan yang berlaku pada jaman itu. Tetapi, tak kurang pula banyaknya buah pikiran Aristoteles yang mencengangkan modernnya, misalnya kalimatnya, “Kemiskinan adalah bapaknya revolusi dan kejahatan,” dan kalimat “Barangsiapa yang sudah merenungi dalam-dalam seni memerintah manusia pasti yakin bahwa nasib sesuatu emperium tergantung pada pendidikan anak-anak mudanya.” (Tentu saja, waktu itu belum ada sekolah seperti yang kita kenal sekarang).
Di abad-abad belakangan, pengaruh dan reputasi Aristoteles telah merosot bukan alang kepalang. Namun, saya pikir pengaruhnya sudah begitu menyerap dan berlangsung begitu lama sehingga saya menyesal tidak bisa menempatkannya lebih tinggi dari tingkat urutan seperti sekarang ini. Tingkat urutannya sekarang ini terutama akibat amat pentingnya ketiga belas orang yang mendahuluinya dalam urutan.
Istilah-istilah ciptaan aristoteles masih dipakai samapai sekarang:
Informasi, relasi, energi, kuantitas, kualitas, individu, substansi, materi, esensi, dsb.
Ahli filsafat terbesar di dunia sepanjang zaman, bapak peradaban barat, bapak eksiklopedi, bapak ilmu pengetahuan, atau guru(nya) para ilmuwan adalah berbagai julukan yang diberikan pada ilmuan ini. Berbagai termuannya seperti logika yang diebut juga ilmu mantic yaitu pengethaun tentang cara berpikir dengan baik, benar, dan sehat, membaut namanya begitu dikenal oleh setiap orang di seluruh dunia yang pernah mengecap penididkan.
  Pria yang lahir di Stagmirus, Macedonia. Pada tahun 384 sM. Inilah orang pertama di dunia yang dapat membuktikan bahwa bumi bulat. Pembuktian yang dilakukaknya dengan jalan meliaht gerhana. Sepuluh jenis kata yang dikenal orang saat ini seperti. Kata kerja, kata benda, kata sifat dan sebagainya merupakan pembagian kata hasil pemikirannya. Dia jugalah yang mengatakan bahwa manusia adalah mahluk social.
Ayahnya yang bernama Nicomachus, seorang dokter di sitana Amyntas III, raja Mecodinia, kakek Alexander Agung. Meninggal ketika Aristoteles berusia 15 tahun. Karennanya, ia kemudia dipelihara oleh proxenus, pamanya- saudara dari ayahnya, pada usia 17 tahun ia masuk akademi milik plato di Athena. Dari situlahia kemudian menjadi murid plato selama 20 tahun
Dengan meninggalnya plato pada tahun 347 sM. Aristoteles meninggalkan Athena dan mengembara selama 12 tahun. Dalam jenjang waktu itu ia mendirikan akademi di Assus dan menikah dengan Pythias yang tak lama kemudian meninggal. Ia lalu menikah lagi dengan Herpyllis yang kemudian melahirkan baginya seorang anak laki-laki yang ia beri nama Nicomachus seperti ayahnya. Pada tahu-tahun berikutnya ia juga mendirikan akademi di Mytilele. Saat itulah ia sempat jadi guru Alexander Agung selama 3 thun.
Di Lyceum, Athena pada tahuan 355 sM. Ia juga mendirikan semacam akademi. Di sinilah ia selama 12 tahun memberikan kuliah, berpikir, mengadakan riset dan eksperimen serta membuat catatan-catatn dengan tekun dan cermat.
Pada tahun 323 sM Alexander Agung meninggal. Karena takut di bunuh orang yunani yang membenci pengikut Alexander, Aristoteles akhirnya melarikan diri ke Chalcis. Tapi ajal emmang tal menganl tempat. Mau bersembunyi kemanapun, kalau ajal sydah tiba tidak ada yang bisa menolak. Demikian juga dengan tokoh ini, satu tahun setelah pelariannya ke kota itu, yaitu tepatnya pada tahun 322 sM, pada usia 62 tahun ia meninggal juga di kota tersebut, Chalcis Yunani..
Julukan:
- Ahli filsafat terbesar di dunia sepanjang zaman.
- - Bapak peradaban barat.
- - Bapak ilmu pengetahuan atau guru (nya) para ilmuan.
Penemuan:
- Logika (Ilmu mantic: pengethaun tenatng cara berpikir dengan baik, benar, dan sehat
- - Biologi, fisika, botano, astronomi, kimia, meteorology, anatomi. Zoology, embriologi, dan psikologi eksperimental

ARISTOTELES

Aristoteles adalah filsuf Yunani terkenal, ilmuwan, dan pendidik ,lahir di Macedonia tahun 384 SM. Ia menjadi seorang mahasiswa yang cerdas di akademi yang dididirikan Plato. Banyak teori-teorinya dapat dilihat seperti ditarik dari ajaran Plato, tapi ia lebih praktis daripada Plato dalam banyak hal. Aristoteles dirinya lebih peduli dengan bagaimana filosofi diterapkan pada mata pelajaran seperti menulis, seni, ilmu pengetahuan, dan logika.

Ayah Aristoteles adalah seorang dokter pengadilan, yang meninggal ketika Aristoteles berumur sepuluh tahun.

Pamannya, Proxenus, adalah seorang guru retorika dan menulis, yang merawat Aristoteles. Sejak Aristoteles lahir di Macedonia, ia tidak berbicara formal Yunani. Akibatnya, Proxenus membantu Aristoteles belajar formal Yunani selain menulis dan retorika, yang semuanya membantu menyiapkan Aristoteles untuk sukses di kemudian hari di Athena.

Pada umur 18 tahun, Aristoteles masuk ke Akademi Plato sebagai seorang siswa untuk pertama kalinya dan kemudian menjadi guru. Aristoteles juga menjadi tutor untuk Alexander Agung.


Salah satu kontribusi utama Aristoteles dalam filsafat adalah karyanya dari logika, ia menulis enam teks, yang disebut Organon. Meskipun banyak dari karya Aristoteles hilang selama beberapa waktu, Organon tidak. Melalui teks-teks , Aristoteles mengeksplorasi sifat silogisme, cara di mana logika harus dipakai untuk menghindari kesalahan, dan sifat tulisan "commonplaces," yang dapat diadaptasi untuk penggunaan retorika moral. Sepanjang ini, dan semua karya yang lain, seseorang melihat bahwa Aristoteles mencintai klasifikasi dan definisi. Ketika kata-kata sebelumnya tidak ada untuk sebuah fenomena yang logis, Aristoteles membuat mereka, seperti yang dilakukannya dengan kata, silogisme.



Dalam karyanya pada metafisika, Aristoteles mencoba untuk menentukan penyebab keberadaan setiap hal yang dapat diamati. Sekali lagi, penyelidikan adalah melalui alasan itu, daripada observasi. Ia mendefinisikan beberapa set penyebab, dan selanjutnya menjelajahi make-up fisik alam semesta sebagai campuran dari beberapa bentuk materi, seperti air dan api.

Dalam etika, karya Aristoteles yang paling terkenal adalah Etika Niomachean yang memperlakukan cara di mana manusia bisa berbudi luhur. Aristoteles percaya bahwa seseorang tidak bisa hanya mempelajari apa yang baik, tetapi juga harus baik dengan melakukan perbuatan saleh. Ia mengklasifikasikan apa yang merupakan kebajikan, bagaimana setiap kebajikan dibandingkan dengan kebajikan lain, dan langkah-langkah apa untuk menjadi orang yang berbudi luhur.


Senin, 22 April 2013

lebih baik dikenal untuk dilupakan daripada di cintai untuk di sakiti :)....

terkadang kondisi seseorang memang terlihat kurang baik, bahkan sangat sulit. Namun, kita bisa berusaha untuk membuat kondisi tersebut menjadi berbeda. Berusaha, berjuang dan berdo'a, maka tuhan akan memberi jalan untuk kita :)..

kata bijak 2

menyerah bukan lah caraku dalam menyelesaikan masalah tapi caraku dalam menyelesaikan masalah adalah menghadapinya..

kata bijak

lebih baik memaksakan diri sendiri untuk melakukan sesuatu daripada memaksa orang lain untuk melakukan sesuatu..

pengetahuan

pengetahuan hanya akan menjadi kekuatan jika apa yang sudah diketahui, benar-benar diaplikasikan/dilakukan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari..

Jumat, 05 April 2013

THE SOUL OCEAN


Mempunyai kesetiaan itu sangat sulit, karena kesetiaan itu sangat penting dalam mencintai seseorang yang kita sayang...,,

sepzt reggae. Diberdayakan oleh Blogger.
 

Blogger news

http://sepztreggae.blogspot.com/

Blogroll

http://sepztreggae.blogspot.com/

About

http://www.facebook.com/sepzt.reggae http://twitter.com/SepztReggae