http://www.facebook.com/sepzt.reggae

Sabtu, 27 April 2013

ARISTOTELES

Aristoteles adalah filsuf Yunani terkenal, ilmuwan, dan pendidik ,lahir di Macedonia tahun 384 SM. Ia menjadi seorang mahasiswa yang cerdas di akademi yang dididirikan Plato. Banyak teori-teorinya dapat dilihat seperti ditarik dari ajaran Plato, tapi ia lebih praktis daripada Plato dalam banyak hal. Aristoteles dirinya lebih peduli dengan bagaimana filosofi diterapkan pada mata pelajaran seperti menulis, seni, ilmu pengetahuan, dan logika.

Ayah Aristoteles adalah seorang dokter pengadilan, yang meninggal ketika Aristoteles berumur sepuluh tahun.

Pamannya, Proxenus, adalah seorang guru retorika dan menulis, yang merawat Aristoteles. Sejak Aristoteles lahir di Macedonia, ia tidak berbicara formal Yunani. Akibatnya, Proxenus membantu Aristoteles belajar formal Yunani selain menulis dan retorika, yang semuanya membantu menyiapkan Aristoteles untuk sukses di kemudian hari di Athena.

Pada umur 18 tahun, Aristoteles masuk ke Akademi Plato sebagai seorang siswa untuk pertama kalinya dan kemudian menjadi guru. Aristoteles juga menjadi tutor untuk Alexander Agung.


Salah satu kontribusi utama Aristoteles dalam filsafat adalah karyanya dari logika, ia menulis enam teks, yang disebut Organon. Meskipun banyak dari karya Aristoteles hilang selama beberapa waktu, Organon tidak. Melalui teks-teks , Aristoteles mengeksplorasi sifat silogisme, cara di mana logika harus dipakai untuk menghindari kesalahan, dan sifat tulisan "commonplaces," yang dapat diadaptasi untuk penggunaan retorika moral. Sepanjang ini, dan semua karya yang lain, seseorang melihat bahwa Aristoteles mencintai klasifikasi dan definisi. Ketika kata-kata sebelumnya tidak ada untuk sebuah fenomena yang logis, Aristoteles membuat mereka, seperti yang dilakukannya dengan kata, silogisme.



Dalam karyanya pada metafisika, Aristoteles mencoba untuk menentukan penyebab keberadaan setiap hal yang dapat diamati. Sekali lagi, penyelidikan adalah melalui alasan itu, daripada observasi. Ia mendefinisikan beberapa set penyebab, dan selanjutnya menjelajahi make-up fisik alam semesta sebagai campuran dari beberapa bentuk materi, seperti air dan api.

Dalam etika, karya Aristoteles yang paling terkenal adalah Etika Niomachean yang memperlakukan cara di mana manusia bisa berbudi luhur. Aristoteles percaya bahwa seseorang tidak bisa hanya mempelajari apa yang baik, tetapi juga harus baik dengan melakukan perbuatan saleh. Ia mengklasifikasikan apa yang merupakan kebajikan, bagaimana setiap kebajikan dibandingkan dengan kebajikan lain, dan langkah-langkah apa untuk menjadi orang yang berbudi luhur.


Ditulis Oleh : Unknown // 15.30
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

sepzt reggae. Diberdayakan oleh Blogger.
 

Blogger news

http://sepztreggae.blogspot.com/

Blogroll

http://sepztreggae.blogspot.com/

About

http://www.facebook.com/sepzt.reggae http://twitter.com/SepztReggae