Ernst Haeckel (b. 1834-1919) adalah seorang Darwinis Jerman terkemuka, dari Potsdam, Prusia. Eksploitasi Nya termasuk biologi, kedokteran, filsafat dan seni. Selama
karirnya, Haeckel dinamai dan diuraikan ribuan spesies baru, memetakan
pohon silsilah yang menghubungkan semua bentuk kehidupan, dan puluhan
diciptakan dari istilah biologi, termasuk filogeni, filum, ekologi,
Anthropogeny dan Protista. Seiring
dengan mempopulerkan karya Charles Darwin di Jerman, Haeckel
mengembangkan teori rekapitulasi, yang menyatakan bahwa setiap paralel
organisme individu atau mengembun perkembangan evolusi seluruh spesies.
Haeckel
belajar ilmu kedokteran di Berlin, dan kemudian Würzburg, akhirnya
mencapai gelar doktor di bidang kedokteran pada tahun 1957. Praktek
medis berumur pendek, sebagai Haeckel kembali ke universitas, saat ini
Universitas Jena, dalam rangka untuk mempelajari zoologi di bawah Karl
Gegenbaur. Afte
menyelesaikan nya doktor Haeckel menjadi profesor anatomi banding di
Universitas Jena, di mana ia tetap dari tahun 1962 hingga 1909. Selama
periode ini hidupnya Haeckel membuat ekspedisi yang tak terhitung
jumlahnya ke Kepulauan Canary, Mediterania, khususnya, Turki, Yunani dan
Mesir, dan Norwegia. Juga selama periode ini ia bertemu Charles Darwin, Thomas Huxley dan Charles Lyell.
Dalam hal filsafat, pentingnya Haeckel berada dalam monisme nya, yang panteistik. Monisme ini mengusulkan kesatuan alam organik dan fisik, termasuk fenomena sosial dan proses mental. Meskipun
teori awal agak mekanistik, keasyikan kemudian dengan proses sejarah
dipimpin teorinya tentang sejarah kehidupan menjadi panteisme monistik. Haeckel sangat menentang biofisika reduksionis Herman Helmholtz, dan Emil Du Bois-Reymond. Teori
rudolf Virchow organisasi seluler, dan teori Johannes Muller anatomi
komparatif vitalis dan fisiologi dipengaruhi Haeckel. Dia lebih dipengaruhi oleh J.W. Konsep Goethe morfologi dan Filsafat Alam dari Friedrich Schelling. Haeckel
terinspirasi oleh Asal Charles Darwin Spesies (1959) untuk
mengembangkan teori evolusi ilmiah dan sebagai bentuk etika materialis. Teori
protoplasma dari sel, yang dikembangkan oleh Max Schultze, mendorong
gagasan Haeckel bahwa 'Plasma', atau substansi sel, adalah setara dengan
kehidupan pertama terbentuk. Haeckel
dipimpin untuk menyimpulkan bahwa semua organisme adalah badan plasma,
perbedaan mereka berada di rekening perbedaan derajat organisasi saja. Haeckel
adalah tidak berarti Darwinis konvensional, sejauh ia menghubungkan
teori selnya teori evolusi, dan begitu banyak seperti Haeckel menyatakan
bahwa seleksi alam circumspected oleh gaya lingkungan dan sejarah.
Monisme
Haeckel, pertama diartikulasikan dalam Morfologi Umum (1866),
berpendapat bahwa tidak ada perbedaan mendasar antara alam organik dan
anorganik, yaitu, kehidupan berbeda dari alam anorganik hanya dalam
kebajikan tingkat organisasi. Haeckel
juga mengusulkan bahwa zat bersatu roh dan materi - beralih ke citra
'pikiran kristal' untuk menyampaikan keterkaitan antara keduanya. Dalam
karya ini Haeckel mengusulkan dua hukum dasar substansi, yaitu
keteguhan energi dan material, dan hukum evolusi dari berbentuk untuk
sepenuhnya terbentuk. Untuk
Haeckel, semua kapasitas mental berasal dari gerakan dan sensitivitas,
sementara semua moralitas bersumber dari, dan pengembangan, naluri
sosial hewan.
Pada
tahun 1870 Haeckel mengembangkan 'hukum biogenetis' yang direkapitulasi
filogeni ontogeni, yaitu, hukum rekapitulasi bahwa setiap individu
tertentu dari sebuah spesies diwujudkan seluruh evolusi spesies.
Setelah karya Herbert Spencer, Haeckel menyatakan bahwa organisme berevolusi lebih tinggi diperlukan sistem saraf terpusat. Artinya,
organisme dengan derajat yang lebih besar dari organisasi atau
diferensiasi yang diperlukan dan memiliki koordinasi yang terpusat dan
kontrol, pentingnya yang tumbuh dalam konser dengan gelar organisme
kompleksitas dan organisasi. Haeckel
berpendapat bahwa hirarki seperti dalam organisme, conceptiualized di
Vischow ini konsep egaliter 'negara sel, menemukan paralel yang
diperlukan dalam struktur sosial, sebagaimana dibuktikan oleh perbedaan
antara kerajaan dan republik.
Teori Haeckel mengenai biologi menemukan ekstensi dalam politik nya. Kristen,
khususnya Katolik Roma, yang sangat dikutuk oleh Haeckel, yang
menganggap itu tidak lebih dari takhayul primitif, dalam kebajikan
deploration alamnya. Ia mengusulkan bahwa bukan Kristen, harus monisme yang menjadi dasar pendidikan dan kehidupan sipil. Sengketa
muncul antara Haeckel dan Virchow pada account ini, sedangkan Virchow
dianggap Darwinisme menjadi tapi hipotesis, Haeckel menganggap itu
sebagai tidak kekurangan hukum, dan akibatnya, dipimpin menolak gagasan
liberal modern kehendak bebas. Haeckel
pada akhirnya terisolasi ilmiah, dalam kebajikan perselisihan dia
dengan orang lain di lapangan, selama proses pembangunan dan keturunan. Pada saat yang sama dengan isolasi ilmiah popularitas publik Haeckel terus meningkat. Popularitas
ini adalah karena kontribusi ide-idenya punya untuk sosiologi abad
kesembilan belas, psikologi dan perkembangan awal dalam psikoanalisis. Menjelang
akhir kehidupan produktif, Haeckel mendirikan Liga Monis (1909), di
mana ia tetap dihadapi oposisi terhadap panteisme nya.
Kontroversial,
Haeckel dianggap oleh beberapa orang untuk menjadi pelopor untuk
Sosialisme Nasionalis Jerman, dari awal hingga pertengahan abad kedua
puluh. Lebih khusus lagi, argumen adalah bahwa monisme Haeckel memberikan dasar ilmiah untuk Sosialisme Nasional. Haeckel
ternyata sangat tertarik pada egenetika, dan merupakan anggota
kehormatan dari Masyarakat Jerman untuk Hygene Rasial, dari 1905 dan
seterusnya. Selain itu, Haeckel berteori antropologi didasarkan pada perkembangan prosedural dari ras primitif Eropa modern. Selain itu, Haeckel secara pribadi menyatakan anti-Semitisme pada kesempatan. Bahkan,
banyak pernyataan Haeckel menggoda berbunyi dalam menganggap dengan
pandangan bahwa ia adalah nenek moyang dari Sosialisme Nasional,
misalnya pengumuman bahwa hukuman mati dibenarkan bagi para penjahat
bisa diperbaiki, dan itu disebabkan harga yang sedikit pada lemah dan
sakit. Selain
itu, ia juga mengklaim bahwa eutanasia telah melayani tujuan positif
bagi bakat militer Spartan ', sejauh itu membebaskan mereka dari cacat
dan lumpuh bayi yang baru lahir. Namun,
Haeckel dengan cepat menunjukkan bahwa penggunaan seperti euthanasia
tidak punya tempat dan tidak ada peran positif dalam masyarakat modern,
lebih dari manusia modern masih tunduk pada hukum survival of the
fittest. Meskipun
beberapa pandangan ini menunjukkan afinitas Darwinisme Sosial,
sebaliknya sebenarnya terjadi, yaitu, mengingat pandangan Haeckel
tentang bagaimana evolusi teori dilengkapi dan dipengaruhi oleh faktor
sosial dan lingkungan, kita dapat melihat bahwa sikap Haeckel adalah
bahwa Darwinisme Sosial adalah berlebihan, dan benar-benar berguna dalam masyarakat modern. Singkatnya,
teori monistik nya, dengan garis singgung nya, sama sekali tidak
mendirikan atau membenarkan anti-Semitisme, atau bentuk lain dari
diskriminasi rasial, atau lebih buruk. Sementara
antropologi Haeckel menyatakan bahwa ras primitif tunduk pada survival
of the fittest, yaitu, survival of the fittest memainkan faktor sejarah,
tetapi juga berpendapat bahwa ini tidak lagi terjadi di zaman modern.
Meskipun
demikian, Sosialisme Nasionalis mengidolakan Haeckel atas dasar salah
membaca, membaca selektif, atau membaca lengkap teori ini. Haeckel
juga dihormati oleh materialis, seperti Vladmir Ilyich Lenin, dan
sosialis Jerman seperti Walter Ulbricht, yang melihatnya sebagai
memajukan penyebab dan argumen mereka. Meskipun
ini juga merupakan distorsi sebagian pandangannya, itu bukan yang
negatif, untuk menjadi nenek moyang fasisme sebagai lawan tangan
komunisme, analog dengan perbedaan antara primitivisme dan peradaban
tertinggi.
Terakhir,
Haeckel juga dipengaruhi Sigmund Freud, gerakan hak-hak homoseksual,
serta seniman yang tak terhitung jumlahnya dan penulis, sebagian besar,
pengaruh ini adalah dari teori kontroversial etika evolusi.
Home » Unlabelled » Biografi Ernest haeckel
Sabtu, 27 April 2013
Biografi Ernest haeckel
Lihat juga Artikel dari
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
sepzt reggae. Diberdayakan oleh Blogger.
0 komentar:
Posting Komentar